25 September 2008

Tips Mempercepat Akses Internet Anda

internet explorer

Saat anda browsing atau membuka suatu website di internet entah dari warung internet ataupun dari rumah, mungkin anda sering mengeluh akan lambatnya akses untuk menampilkan website tersebut. Padahal akses internet di Indonesia sekarang ini masih terhitung mahal. Sebenarnya ada cara-cara mudah untuk meningkatkan kecepatan akses internat anda tanpa harus membayar biaya lebih mahal. Beberapa diantaranya adalah dengan menyetting browser kita, menggunakan openDNS, dan menggunakan Google Web Accelerator.

Untuk menerapkan trik-trik tersebut sangat mudah. Cara pertama yaitu menyetting browser dapat dilakukan oleh pengguna Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Bagi pengguna Internet Explorer klik menu [Tools] [Internet Option], klik tab [General]. Pada opsi “Temperory Internet files”, klik [Settings] lalu Geser slider-nya. Hal itu untuk membuat cache (lokasi penyimpanan sementara) untuk web yang anda buka, sebaliknya disediakan sekitar 5% dari Hard disk.

Bagi pengguna Mozilla Firefox anda dapat mengetikkan “about:config” pada address bar,. setelah itu ubah “network.http.pipelining” dan “network.http.proxy pipelining” menjadi “true”, serta isi “network.http.pipelining.maxrequests” antara 30 –100 ( semakin besar semakin cepat ). Yang terakhir klik kanan dimana saja dan pilih New->Integer , tuliskan “nglayout.initialpaint.delay” lalu isi dengan 0. Kemudian refresh atau tekan F5. Selanjutnya, pada address bar ketik : about:blank klik menu: untuk os windows xp Tools>>Options>>Web Features, untuk OS Linux ( Vector ) Edit >> Preferences untuk setting yang berbeda di beberapa OS Edit >>Advanced. Pada option: ALLOW WEB SITES TO INSTALL SOFTWARE beri tanda check box untuk mengaktifkan. Kemudian tekan ok lalu Refresh ( F5 ). Masuk ke link ini : https://addons.mozilla.org/extensions/moreinfo.php?applicationfiltered=firefox&id=125 atau : https://addons.mozilla.org/extensions/moreinfo.php?id=125&applicationfiltered=firefox . Download Software Switchproxy Tool versi 1.3.4. Setelah selesai jangan tekan tombol UPDATE. Klik tanda X (tutup)yang ada di pojok kanan atas dari pop up window yang muncul. Tutup semua browser Mozilla Firefox, kemudian buka lagi untuk mengaktifkan software Switchproxy Tool versi 1.3.4 yang sudah di install tadi. Kalau instalasi sukses, akan muncul toolbar tambahan di bawah toolbar navigasi & address bar.

Untuk trik kedua, pertama anda harus mendaftar di www.openDNS.com . Setelah itu masuk ke Control Panel dari start menu, pilih network connections lalu pilih koneksi anda dan klik tombol properties. Pada bagian Internet protokol anda bisa pilih TCP/IP dan klik properties. Masukkan angka 208.67.222.222 dan 208.67.220.220 pada opsi DNS dan restart komputer anda. Sekarang browser mozilla siap untuk digunakan.

Setelah melakukan 2 tips di atas sekarang anda pasti akan mendapat kecepatan akses yang lebih kencang. Bagi yang masih belum puas dengan kecepatan aksesnya sekarang dapat menggunakan trik yang ke tiga yaitu Google Web Accelerator. Google Web Accelerator di desain khusus untuk mempercepat akses internet anda, khususnya anda yang menggunakan koneksi broadband (pita lebar) seperti Cable dan DSL. Untuk anda yang menggunakan koneksi lain seperti Dial-up (Telkomnet Instant atau Speedy) maupun satelit atau wave, Google Web Accelerator juga dapat mempercepat aksesnya.

Untuk memakai Google Web Accelerator anda harus memenuhi kriteria antara lain Operating System anda harus Windows XP atau Windows 2000 dan browser anda harus Internet Explorer 5.5+ atau Mozilla Firefox 1.0+. Kalau untuk browser lainnya sebenarnya juga bisa, tetapi anda harus meng-konfigurasi proxy settings dari browser anda dengan menambah 127.0.0.1:9100 pada HTTP. Setelah anda melakukan instalasi, Google Web Accelerator akan menampilkan icon kecil di atas browser anda dan icon tray di pojok bawah layar komputer. Anda dapat mengunduh Google Web Accelerator di http://webaccelerator.google.com .

Sumber : http://www.stanfree.co.cc/ & https://portal.telkomspeedy.com/


1 komentar:

johanis mengatakan...

wah, saya penggemar sekaligus pengguna browser opera nih,,
koq yang dibahas hanya IE dan Mozzila aj?
tapi thx lah bwt infonya..