22 Oktober 2008

LEBIH JAUH TENTANG "SPYWARE"

spyware jahat
Writer : Nana
Source : Klasika Kompas

Pernahkah tiba-tiba muncul iklan saat sedang bekerja menggunakan internet? Atau bahkan ketika jaringan komputer sedang dimatikan? Jika ya, sebaiknya segera aktifkan atau instal ulang program antivirus Anda karena hal itu merupakan salah satu indicator bahwa computer Anda terkena jeretan mata-mata spyware.

SpywareTentu saja kedatangan tamu tak diundang ini bisa membuahkan bencana. Pasalnya spyware merupakan software yang secara diam-diam akan mengamati gerak-gerik Anda, mulai dari kegiatan yang sering Anda lakukan atau situs yang sering didatangi, sehingga kesukaan Anda bisa diketahui untuk kemudian dikirimkan iklan-iklan yang berhubungan dengan hal tersebut. Hal ini tentu saja mengganggu, karena tanpa disadari komputer Anda seperti dikendalikan oleh orang lain yang tidak diketahui.

Pada tahap yang lebih parah, tak jarang akan menyebabkan kinerja komputer menjadi lamban. Jika sudah begini, komputer pun harus dilakukan instal ulang agar bisa kembali bekerja seperti semula. Yang lebih menjengkelkan lagi, jika data-data pribadi seperti alamat email juga diintip sehingga semakin banyak kiriman surat spam yang hanya akan memenuhi kotak surat.

Bagaimana spyware bisa masuk dan menyerang ke dalam system komputer? Spyware seperti di atas kerap kali bersembunyi dalam software yang bisa didownload secara gratis, seperti games, atau di dalam situs yang dikunjungi. Spyware ini memang sengaja didesain untuk kepentingan komersial, sehingga banyak mengirimkan iklan-iklan yang dirasa tidak penting.

Satu-satunya cara untuk melindungi program Anda adalah dengan memasang penangkal, seperti windows defender. Penangkal tersebut akan menahan serangan iklan-iklan yang muncul tanpa dikehendaki dan melindungi keamanan data dari serangan spyware. Di samping itu, segeralah tutup iklan-iklan pop up yang muncul tiba-tiba.

Untuk itu kita harus berhati-hati dengan adanya spyware di komputer kita, agar kita senantiasa aman saat menggunakan komputer dan berinternet.

www.sentrainfo.com

1 komentar:

denny mengatakan...

ya nih..kalau masalah spyware dan virus memang menyebalkan..