Pengertian Twitter dan Cara Pendaftaran

Bookmark and Share
Setelah kita mengenal Friendster, Facebook, Myspace dan situs jejaring sosial lainnya, Twitter seakan menyeruak hadir dengan format yang berbeda. Konsep yang diusung oleh Twitter adalah menyebarkan informasi pesan secara singkat, padat dan real time di dalam kalimat kurang dari 140 karakter kepada pembacanya diseluruh dunia.


Pengguna Twitter dapat menyebarkan informasi pesan singkat melalui beberapa cara, bisa melalui situs Twitter sendiri, melalui SMS, atau melalui aplikasi Twitter lainnya seperti Twirl, Snitter, atau Twitterfox yang merupakan aplikasi tambahan untuk browser Firefox. Karena kandungan pesan yang singkat, Twitter dimasukkan dalam kategori mikroblog, yaitu sebuah media online yang memungkinkan penggunanya menuliskan informasi pesan secara singkat. Panjang pesan tersebut biasanya kurang dari 200 karakter.


Ide pembuatan media online Twitter adalah berawal dari pertanyaan sepele yaitu “Apa yang teman-teman lakukan saat ini ?”. Maka Twitter berupaya menjembatani pertanyaan tersebut kepada penggunanya dengan kembali bertanya “What are you doing?”. Jawaban itu akan disebarluaskan oleh Twitter melalui fasilitas antarmuka (dashboard) penggunanya. Twitter juga menyediakan aplikasi antarmuka tersebut tampil di website/blog penggunanya.


Jika layanan pesan berbasiskan SMS hanya mampu mengirimkan informasi kepada pengguna yang dikenal, maka Twitter bisa digunakan sebagai sarana penyebar informasi kepada semua orang baik yang dikenal maupun tidak, untuk memberitahukan keberadaan penggunanya. Penyampaian pesan dalam Twitter umumnya tanpa berharap mendapatkan balasan/respon dari pembacanya.


Contoh untuk urusan sosial, Twitter mampu memberikan informasi cepat tentang keberadaan kita atau yang akan kita lakukan. Misal “Aku mau makan malam ikan bakar nih, kalau ada yang mau ikut, nyusul aja ke Jl. Anu”. Orang lain yang menjadi pengikut Twitter kita akan mengetahui berita tersebut dan respon akan tercipta.


Untuk urusan bisnis, Twitter bisa dijadikan alat untuk mengumumkan kabar terbaru atau posting blog terbaru dari sebuah perusahaan bahkan berinteraksi dengan konsumen. Twitter juga memudahkan kolaborasi internal dan komunikasi dalam sebuah kelompok.


Saat ini, layanan Twitter banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu pemerintah (misal Israel), organisasi (misal NASA), politikus (misal Barack Obama), selebritis misal Ashton Kutcher dengan nama akun aplusk, Samantha Ronson dengan nama akun jackdaniels9, Pete Wentz dengan nama akun ztnewetep, John Mayer dengan nama akun johncmayer, dan Demi Moore dengan nama akun mrskutcher. Mereka semua begitu rajin meng-update apa yang sedang mereka lakukan beberapa menit sekali.


Bali Orange juga menggunakan Twitter untuk memberikan status pelayanan secara real time baik itu kepada pelanggannya maupun kepada pengunjung website. Status informasi terkini kami tampilkan di website maupun blog ini.


Setelah tau arti Twitter sekarang kita coba untuk mendaftar dan memiliki akun Twitter sendiri. Semoga setelah baca ulasan cara daftar ke Twitter, Anda bisa ber-tweet ria. Begini cara daftarnya :


1. Ketik pada browser : http://www.twitter.com dan klik tombol hijau bertuliskan Sign up now.


2. Isikan formulir yang tersedia disana sesuai dengan data Anda. Pastikan kata-kata disebelah kanan akan berubah menjadi OK, OK, STRONG, dan OK. Isikan huruf yang tertera disana, persis ! Mungkin disini banyak terjadi kegagalan. Jika Anda merasa tulisan itu tidak jelas, jangan kawatir, cari kombinasi kata lainnya dengan klik Get two new words. Masih tidak jelas ? Klik lagi, blum jelas ? Klik terus .. terus dan terus sampai jelas. Setelah selesai klik tombol Create my account.


3. Kemudian tampil halaman berikutnya. Klik saja Skip this step. Tapi jika Anda penasaran, masukkan saja password email Anda. Kejadian selanjutnya, saya blum (ingin) tahu juga. La wong saya menyarankan untuk Skip this step.


4. Halaman berikutnya, lagi … Skip this step. Klo penasaran klik tombol Finish, mangga, monggo, saya tidak bertanggung jawab. Saran saya hanya klik Skip this step.


5. Akhirnya … tampil juga halaman Twitter Anda. Silahkan ketik sesuka hati dan sebanyak-banyak nya. Sekedar saran, harap sesekali melihat pergerakan angka mundur sebelum ketik kata selanjutnya. Karena ketika angka itu menunjuk angka 0, berarti sudah tidak bisa ketik lagi. Takutnya, Anda mengetik terus menerus tanpa melihat layar twitter. Kasihan dah nulis banyak tapi hanya nyangkut 140 huruf saja. Hehehehe. Jangan kawatir, jika sering ketik, jemari Anda akan otomatis berdansa di keyboard meski tanpa harus melihat tombol kibord. Great !

Cukup nglantur nya … jika selesai ketik, segera klik tombol Update. Ntar keburu dingin nasinya. Akhirnya, Anda berhasil menyebarkan ide Anda ke seluruh jagat raya. Hush .. belom !


6. Nah, saatnya sekarang adalah hunting teman/mantan pacar/janda (hihihi)/selebritis/ dll melalui fasilitas search. Silahkan ketikkan apa saja, misal nama, kota, kabupaten, provinsi, dll. Dalam contoh adalah baliorange.


7. Halaman hasil pencarian akan muncul. Kebetulan baliorange mempunyai akun Twitter, maka akan tampil seperti dibawah ini. Jika tidak ada penampakan pada hasil pencarian maka kreatiflah. Jika tetap blum ada penampakan … wah sesaji nya kurang lengkap tuh. **dziienk** Maaf, kalimat terakhir tdk ada kaitannya dengan Twitter.


Oke, muncul data-data yang berkaitan dengan baliorange. Nah disana ada link di kata baliorange. Klik saja, karena Anda akan dibawa ke halaman Twitter milik baliorange. Disanalah kumpulan tweets (kabar/berita/info) milik baliorange.


8. Biar tweets (kabar/berita/info) dari baliorange muncul di halaman Anda, maka harus menjadi pengikutnya (follow) baliorange. Silahkan klik tombol Follow jika Anda ingin mendapatkan berita DAHSYAT !!! dari baliorange.


9. Saya meyakini Anda itu pintar melebihi saya. Maka untuk informasi lebih dalam mengenai fitur dan fasilitas Twitter, saya menunjukkan jalan untuk klik menu HELP. Disana banyak terdapat hal-hal tersembunyi yang sebelumnya tidak pernah Anda bayangkan ! Waspadalah … waspadalah. Kreativitas itu akan tercipta jika Anda memanfaatkan kesempatan … kesempatan dan memahami isi HELP. Hehehehe. Selamat Ber-Tweets Ria !


Sumber www.baliorange.web.id



{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

Blog Tutorial Untuk Indonesia mengatakan...

Google Akan Merubah Nama Picasa dan Blogger karena belum lama ini Google akan meluncurkan fitur baru yang diberi nama Google+ (Google Plus) yang merupakan jejaring sosial...baca selengkapnya

TRIK TWITTER mengatakan...

SETELAH MEMPUNYAI AKUN TWITTER UNTUK TAMBAHKAN TEMAN SECARA CEPAT KLIK DISII