16 Juli 2008

Jadilah Keledai, Kuda atau Zebra

Untuk berbisnis disaat pasar bisnis yang terus berkembang dan inovatif, perlu banyak strategi untuk tetap bertahan dan terus maju. Produk, jasa atau layanan yang kita tawarkan harus memiliki nilai yang berbeda atau bernilai lebih dibanding kompetitor sejenis. Minjam istilah orang marketing yaitu harus memiliki unique selling point (USP).

Bagi yang akan dan sedang memulai bisnis, perlu juga dari awal memikirkan dan menyiapakan konsep differensiasi. Differensiasi merupakan jenis positioning yang memnag identik dengan upaya untuk meraih dan merebut pasar, tidak hanya sekedar untuk bermain dan membidik ceruk pasar (niche market).

Ada tiga konsep menjadikan bisnis menjadi besar dan bahkan menjadi market leader, yaitu Pertama, atau Terkuat atau Terbeda. Inilah sebenarnya arti dari subject email diatas. Keledai mnrt sejarahnya adalah yang pertama (first mover) untuk jenis ini. Kuda identik dengan hewan yang kuat hingga muncul satuan Horse Power (HP). Sedangkan zebra tampil beda dengan warna garis hitam putihnya.

Zebra adalah lambang untuk differensiasi. Dan sepertinya usaha yang paling terbuka luas saat ini adalah yang "berbeda". Karena untuk jadi yang pertama, Anda harus memiliki produk atau system yang inovatif dan belum pernah ada sebelumnya. Dan untuk menjadi yang Terkuat, Anda butuh proses, system dan terutama yaitu capital yang besar. Nah untuk menjadi berbeda saya pikir adalah yang paling achieveble, terutama untuk yang masih tahap merintis bisnis. Differensiasi menjadi topik utama bila bisnis kita termasuk market follower. Ada banyak hal upaya differensiasi a/l: Cloner, Imitatator dan ada juga Adapter. Meski tentunya produk kita tidak semata2 meniru orang. Meski hampir sama pun itu syah1 saja, wong sama2 menjepemput rizki. (asal ga melanggar HAKI aja, copy right maupun trade mark)

Jika produk dan jasa yang anda jual sekarang banyak ditemukan ditempat lain, jangan kuatir, Pasti banyak celah untuk membuat produk Anda menjadi berbeda di mata konsumen Anda. Mgkn phsiycaly produk Anda yang anda bikin beda, packagingnya, pemasarannya, distribusinya, layanan Anda, dlsb. Jika bisnis Anda masih sekarang stagnan, coba koreksi dan benahi, pasti masih banyak yang bisa diimprove. Jangan pernah menyerah untuk berhasil. Salam sukses.

Labels: Branding, Entrepreneurship, Opini

Related Posts:

  • Mau Laptop Gratis & Barang Elektronik Lainnya ? Ini adalah program untuk mendapatkan barang elektronik GRATIS dari Internet...! Berikut Daftar Barang Elektronik dan Uang Gratis yang Tersedia dan Bisa Anda Dapatkan GRATIS! Lihat di sini…. Program ini ditawarkan … Read More
  • Program Untuk Komputer Yang Terhubung InternetUntuk Komputer/Notebook yang selalu terhubung ke Internet ada beberapa software/plugin yang rasanya wajib di miliki. Software dan plugin2 ini kadang sering dilupakan, dan bahkan ada sebahagian orang yang tidak mengetahui kegu… Read More
  • 8 Sebab Utama Memiliki WeblogKamu, yang biasa kesini dan sudah ngeblog mungkin ga perlu baca lagi tulisan dibawah ini. Tapi bermula dari pertanyaan salah satu temen gue, "Emang apa sih gunanya punya Blog?" maka mulailah timbul niat gue buat ngelist, eman… Read More
  • Trik Internet Dengan GPRS Murah Dan CepatDi Zaman informasi global sekarang ini Internet adalah salah satu hal yang menjadi kebutuhan kita sehari hari. Memang untuk saat ini internet di indonesia masih menjadi barang yang kita rasa mahal untuk masyarakat golongan me… Read More
  • Mempercepat Koneksi dan Menghemat Bandwith dengan Toolnet Sebetulnya trik ini sudah bisa dibilang lama dan kuno. Is it? Cara ini adalah dengan menggunakan Toonel. What’s that? Toonel adalah program berbasis java yang dibuat untuk mengkompresi penggunaan internet seh… Read More

0 komentar: